RSS

Android

09 May


 A.     Pengertian Android

Menurut Wikipedia ada 3 opsi pengertian dari Android, yaitu :

  1. Android (robot), robot yang dibuat menyerupai manusia.
  2. Android (sistem operasi), system operasi untuk perangkat telepon seluler, yang dikembangkan oleh Google.
  3. Android Kikaider, sebuah serial Tokusatsu dari Jepang.

Namun Android yang akan dibahas adalah Android dari system operasi. Dimana pengertiannya adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh beragam peranti bergerak.

Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk posel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google meliris kode – kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangat seluler.

Di Dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapatkan dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS) dan kedua adalah yang benar – benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal Open Handset Disrtibution (OHD).

Android (Operating Sistem) andalan google ini telah banyak memukau   para  pengguna  smartphone dunia. Bahkan sebuah hasil riset yang di lakukan oleh CANALYS mengatakan bahwa Android kini menjadi platform mobile terpopuler di pasar ponsel pintar Amerika Serikat mengalahkan Blackberry dan Iphone.

Nama Android sendiri diambil dari bahasa Yunani, yang berarti “spesies atau menyerupai”. Dengan icon robot berwarna hijau, Android menjadi ancaman baru bagi sistem operasi lainnya dan siap menghadapi persaingan dalam merebut pasar telepon seluler.

B.     Sejarah Android

Pada juli 2005, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California America Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, diantaranya Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu munculah rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.

Sekitar September 2007, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communication, diproduksi oleh Asustek computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Headset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. sejak android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.

Pada bulan Mei 2009, Google mengumumkan sebuah kompetisi untuk Android Developer Challenge II dengan dana hadiah $ 2 juta (hadiah utama – 250 ribu dolar), yang menunjukkan keberhasilan kontes yang terakhir dan minat besar ke panggung oleh produsen perangkat komunikasi mobile.

Sementara programmer telah mempelajari dan menciptakan sebuah platform baru dari seluruh dunia sekarang dan kemudian datang laporan dari upaya untuk menginstal Google Android pada berbagai perangkat mobile. Dan memang sejumlah upaya telah berhasil. Sebagai contoh, pada Januari 2008 oleh pengembang perangkat lunak independen telah berhasil diinstal pada Android PDA Sharp Zaurus SL-C760. Dan GSM pameran Kongres Dunia pada Februari 2008, Texas Instruments telah menunjukkan copy dari smartphone dengan operasi yang sudah diinstal sistem, Google Android.

Perangkat pertama menjalankan Android, dikembangkan oleh HTC Dream smartphone atau T-Mobile G1, yang secara resmi diluncurkan pada September 23, 2008. Penjualan perangkat ini di pasar AS dimulai pada bulan Oktober 2008. Baru item dalam guglfonom disebut spesialisasi media.

Segera beberapa produsen smartphone mengumumkan niat mereka untuk merilis perangkat berdasarkan platform Android. Sebuah perusahaan tidak hanya Koolu porting ke smartphone Android Neo FreeRunner, berdasarkan perangkat lunak open source, tetapi juga mulai menjual perangkat mereka dimuat dengan platform mobile Google. Resmi pertama dan publik rilis beta dari platform Android Neo FreeRunner dari Koolu diadakan di paruh kedua bulan Desember 2008.

Langkah lain dalam pengembangan Google Android adalah pembukaan pada Oktober 2008, aplikasi toko online – Android Market, di mana Anda dapat membeli program dan perangkat lunak lain untuk perangkat berbasis pada platform baru. Juga, sekarang untuk pengembang perangkat lunak kesempatan untuk membebankan biaya atas aplikasi mereka di Android Market.

C.     Versi Android

Android telah mengeluarkan beberapa versi yaitu :

1. Android versi 1.1

Pada 9 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android versi 1.5 (Cupcake)

Pada pertengahan Mei 2009, Google kembali merilis telepon seluler dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit) dengan versi 1.5 (Cupcake). Terdapat beberapa pembaruan termasuk juga penambahan beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan  keyboard  pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

3Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera,camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi  Android  adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi  Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

5Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada tahun 2010 di luncurkan Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt) dengan 2 kali revisi, revisi pertama bulan mei 2010 dan revisi kedua bulan Juli 2010. Android 2.2 adalah rilis minor platform termasuk fitur pengguna, fitur pengembang, perubahan API, dan perbaikan bug. Berbagai macam perbaikan dan penambahan pada versi 2.2 ini.

Android 2.2 Froyo, lebih cepat, cebih lapang, dan lebih sempurna. Itulah yang pertama kali yang akan dikatakan oleh pengguna froyo. Android 2.2 OS Froyo ini memiliki banyak perkembangan dari generasi sebelumnya. Yang menjadi hal awal penilaian Android Froyo adalah performa dan kecepatan. Berbagai hasil uji telah menunjukkan Android 2.2 lebih cepat dan stabil.

D.     Spesifikasi Android

1. Android versi 1.5 (CupCake)

  • Mempunyai kemampuan merekam dan menonton video melalui camcorder.
  • Upload video ke youtube dan upload gambar ke picasa.
  • Aplikasi baru soft-keyboard dengan fungsi text-prediction.
  • Bluetooth A2DP dan AVRCP support.
  • Mempunyai kemampuan untuk otomatis terhubung ke perangkat Bluetooth dengan jarak tertentu.
  • Widgets baru dan folder dapat di kumpulkan di layar home.
  • Perpindahan layar secara otomatis.
  1. Android versi 1.6 (Donut)
  • Peningkatan pada Android market.
  • Integrasi kamera, perekam video dan tampilan galeri.
  • Aplikasi galeri yang baru memungkinkan pengguna memilih banyak foto untuk di hapus.
  • Aplikasi voice search yang di perbaharui menjadi lebih cepat merespon dan integrasi dengan aplikasi yang lain termasuk kemampuan mencari kontak.
  • Aplikasi search yang di tingkatkan untuk bisa mencari bookmarks, history, kontak dan web dari layar home.
  • Peningkatan dukungan teknologi untuk CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs dan mesin text-to-speech.
  • Mendukung resolusi layar WVGA.
  • Speed improvements in searching and camera applications.
  • Perbaikan kecepatan di aplikasi pencarian dan aplikasi kamera.
  1. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
  • Optimalisasi kecepatan hardware.
  • Mendukung lebih banyak ukuran layar dan resolusi layar.
  • Revamped UI.
  • User interface baru pada browser dan dukungan html 5
  • Daftar kontak baru
  • Rasio putih-hitam yang lebih baik untuk backgrounds.
  • Peningkatan aplikasi Google Maps 3.1.2.
  • Dukungan untuk Microsoft Exchange.
  • Mendukung falsh untuk kamera.
  • Digital Zoom.
  • Peningkatan pada aplikasi virtual keyboard.
  • Bluetooth 2.1.
  • Live Wallpapers.
  1. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
  • Optimasi kecepatan dan performa Android OS.
  • Integrasi chrome v8 jacascript ke dalam aplikasi browser.
  • Peningkatan dukungan Microsoft Exchange (security policies, auto-discovery, GAL look-up, calendar synchronization, remote wipe).
  • Peningkatan aplikasi luncher dengan shortcuts menuju aplikasi phone dan browser.
  • USB tethering dan WIFI hotspot functionality.
  • Penambahan pilihan untuk menonaktifkan akses data jaringan mobile.
  • Aplikasi android market yang telah di perbaharui dengan fitur update otomatis.
  • Quick switching between multiple keyboard languages and theri dictionaries.
  • coive dialing dan berbagi kontak melalui Bluetooth.
  • Mendukung file upload di aplikasi browser.
  • Dukungan terhadap aplikasi Adobe Flash 10.1.
E.     Fitur Android

Fitur yang tersedia di Android adalah :

  1. Kerangka aplikasi yaitu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  2. Dalvik mesin virtual yaitu mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  3. Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  4. SQLite: untuk penyimpanan data.
  5. Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
  6. GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent).
  7. Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware).
F.      Kelebihan dan Kekurangan Android
1. Kelebihan Android :
  • Keterbukaan = Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.
  • Penghancuran perbatasan = Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
  • Kesamaan aplikasi = untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain. Anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.
  • Cepat dan mudah perkembangan = dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.

2.   Kekurangan Android

  • Koneksi Internet yang terus menerus = kebanyakan ponsel Android memerlukan koneksi internet yang simultan alias terus menerus aktif. Artinya Anda harus siap berlangganan paket GPRS yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Iklan = Aplikasi di Ponsel Android memang bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, namun Anda harus terima konsekuensinya dari setiap Aplikasi tersebut, akan selalu ada Iklan yang terpampang.
G.    Android Market

Di ibaratkan supermartket, Android market ini adalah tempat belanja online aplikasi – aplikasi Android yang di bangun oleh google. Program aplikasi yang tersimpan di Android market bisa di unduh/download melalui telephone selular berbasis Android OS atau dari browser komputer yang sudah terhubung ke internet. Di Android market menyediakan beberapa kategori aplikasi seperti aplikasi terbaru, top aplikasi berbayar dan top aplikasi gratis.

H.    Android Bagi Komunitas (Open Source)

Android memiliki berbagai keunggulan sebagai software yang memakai basis kode komputer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga pengguna bisa membuat aplikasi baru di dalamnya. Android memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi seperti pushmail Gmail, Google Maps, dan Google Calendar.

Para penggemar open source kemudian membangun komunitas yang membangun dan berbagi Android berbasis firmware dengan sejumlah penyesuaian dan fitur-fitur tambahan, seperti FLAC lossless audio dan kemampuan untuk menyimpan download aplikasi pada microSD card. Mereka sering memperbaharui paket-paket firmware dan menggabungkan elemen-elemen fungsi Android yang belum resmi diluncurkan dalam suatu carrier-sanction firmware.

 
Leave a comment

Posted by on May 9, 2011 in Tugas Sistem Operasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: