RSS

Manjakan Mata dan Perut di Bukittinggi

24 Apr

Siapa yang tak kenal kota Bukittinggi…

Itulah kata-kata yang kiranya mencerminkan akan keistimewaan dari kota ini. Terletak di provinsi Sumatera Barat dengan luas 25,24 km² dan  berhawa sejuk dengan suhu berkisar antara 16.1 – 24.9 °C, semakin menambah nyaman wisatawan yang akan berkunjung ke kota yang pada zaman Belanda pernah ditunjuk  menjadi Ibukota. Dan juga sejarah sangat kental di kota ranah minang ini, karna salah satu Proklamator kemerdekaan negara kita lahir di kota ini yaitu Bung Hatta. Yang semakin membuat Bukittinggi terkenal sampai ke mancanegara adalah banyaknya tempat-tempat wisata, baik wisata alam maupun wisata kulinernya.

Berikut adalah wisata favorite yang ada di Bukittinggi:

1. Jam Gadang

Jam Gadang merupakan icon kota Bukittinggi yang terletak di pusat kota tersebut. Jam Gadang merupakan hadiah dari Ratu Belanda pada saat Belanda masih menguasai  kota ini. Jam gadang ini memiliki keunikan tersendiri yaitu angka romawi empat yang biasanya ditulis “IV” namun pada jam gadang penulisan angka romawinya “IIII”. Di sekitar Jam Gadang ini terdapat taman yang digunakan para muda mudi untuk berkumpul dan sekedar mengisi waktu.
2. Benteng Fort de Kock
Hingga saat ini, Benteng Fort de Kock masih ada sebagai bangunan bercat putih -hijau setinggi 20 m. Benteng Fort de Kock dilengkapi dengan meriam kecil di keempat sudutnya. Kawasan sekitar benteng sudah dipugar oleh pemerintah daerah menjadi sebuah taman dengan banyak pepohonan rindang dan mainan anak-anak. Benteng yang berada di kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini berada di lokasi yang sama dengan Kebun Binatang. Kawasan benteng terletak di bukit sebelah kiri pintu masuk sedangkan kawasan kebun binatang dan museum berbentuk rumah gadang tersebut berada di bukit sebelah kanan. Keduanya dihubungkan oleh Jembatan Limpapeh yang di bawahnya adalah jalan raya dalam kota Bukittinggi. Kawasan ini hanya terletak 1 km dari pusat kota Bukittinggi di kawasan Jam Gadang, tepatnya di terusan jalan Tuanku nan Renceh.
3. Lobang Jepang

Lobang Jepang merupakan salah satu objek pelancongan yang ada dalam Kota Bukittinggi dan merupakan peninggalan sejarah dari kependudukan Jepang selama berada di Bukittinggi. Karena Bukittinggi yang sangat strategis, terletak di tengah – tengah Pulau Sumatera, maka penjajah Jepang menetapkan Kota Bukittinggi sebagai Pusat Komando Pertahanan Tentara Jepang di Sumatera (Seiko Sikikan Kakka) yang dipimpin oleh Jenderal Watanabe.

Saat ini Lobang Jepang ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan baik Mancanegara maupun Nusantara dan merupakan objek wisata favorite di Bukittinggi dan bahkan Sumatera Barat. Dari pintu gerbang, kita menurunni anak tangga sebanyak 135 buah, apabila anak tangga ini tingginya rata – rata 20 cm, dengan demikian 135 anak tangga berarti kita telah turun setinggi 27 M. jika kita bandingkan lagi tempat kita berdiri sekarang dengan jalan yang ada diatas kita, mempunyai perbedaan tinggi lebih kurang 5 M. dari perhitungan ini diketahuilah bahwa dasar Lobang berkisar antara 30 sampai 40 M dari permukaan tanah. Kedalaman ini sudah cukup aman dinilai oleh Jepang terhadap serangan udara dari Tentara Sekutu.

4. Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Marga Satwa Budaya Kinantan merupakan kebun  binatang tertua di Indonesia  dan merupakan kebun binatang yang mempunyai koleksi binatang terlengkap di Sumatera. Di kebun binantang ini terdapat jembatan penyeberangan yang beranama “jambatan limpapeh” yang menghubungkan kebun binatang ini dengan  objek wisata benteng fort de kock.

5. Ngarai Sianok

Pemandangannya sangat indah. Hijau daun-daun pepohonan terbentang luas dan bertengger di perbukitan yang terjal. Pesona inilah yang disajikan di Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatra Barat. Kedalamannya mencapai 100 meter yang membentang sepanjang 15 kilometer. Panjangnya sungai membelah Pulau Sumbar menjadi dua bagian. Bentuknya seperti patahan semangka. Ngarai Sianok terletak di perbatasan kota Bukittinggi, dengan Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumbar.

6. dll.
Berikut ini adalah wisata kuliner favorit yang ada Bukittinggi:
1. Nasi Kapau

Nasi Kapau ialah nasi ramas khas nagari Kapau Bukittinggi, terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka (cubadak), gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang(tulang dan daging kerbau), gulai babek (paruik kabau). Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau.

Gulai nangka tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. Gulai dicampur kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol. Di samping gulai nangka, hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Gulai usu (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras), gulai ikan, gulai tunjang, ayam panggang, teri balado, tongkol balado, dendeng balado, goreng belut, dan sambal lado hijau. Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng, ayam goreng hijau gulai ayam, rendang ayam, rendang daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi, umumnya dikirim dari Bukittinggi.

2. Gulai itiak
Gulai itiak ini merupakan hidangan yang paling favorit di Bukittinggi. Bumbu cabe hijau yang cukup pedas di lumurkan itik. Sensasi pedas dan empuknya daging itik memberikan nuansa tersendiri akan makanan yang satu ini. Dan setiap orang yang mencoba makanan ini, dijamin ketagihan untuk mencoba kebali.
 
2 Comments

Posted by on April 24, 2011 in Bukittinggi

 

2 responses to “Manjakan Mata dan Perut di Bukittinggi

  1. vani

    May 9, 2011 at 4:55 pm

    gulai itiak nya dapet dmna yh ???

     
    • ilham Doank

      May 12, 2011 at 5:58 pm

      hanya ada di Bukittinggi van..
      dan rasanya pun tidak akan mengecewakan
      dijamin ketagihan kalau sudah mencobanya.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: